Ini Dia Berbagai Modul Perintah pada ADB Fastboot Tool Xiaomi

ADB Fastboot Toll Xiaomi merupakan sebuah aplikasi yang berungsi sebagai alat komunikasi antara personal computer (PC) dengan ponsel pintar Xiaomi itu sendiri. Dengan menginstal aplikasi tersebut pada PC, pemilik dapat dengan mudah mengontrol dan mengirimkan berbagai perintah pada ponsel miliknya. Lantas apakah perintah-perintah tersebut tidak dapat dilakukan di ponselnya sendiri?? Jika Anda bertanya seperti demikian, maka jawabannya tentu saja bisa. Hanya saja, proses yang dijalankan pada ponselnya secara langsung bisa dibilang lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan bantuan aplikasi adb fastboot tool. Aplikasi tersebut hanya perlu membutuhkan beberapa perintah saja untuk menjalankan kegiatan yang diminta. Namun, tentu saja tidak semua kegiatan yang dilakukan di ponsel dapat dilakukan oleh aplikasi tersebut.

Dalam hal ini, ada beberapa modul dalam aplikasi ADB yang digunakan untuk menjalankan perintah tertentu. Adapun modul-modul dan fungsinya tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penghapus Instalasi. Modul ini digunakan untuk menghapus aplikasi dan layanan pabrik sesuai permintaan.
  2. Camera 2. Berfungsi untuk menyalakan kamera pada ponsel.
  3. File Exploler. Digunakan untuk mengirim file dari ponsel ke computer atau sebaliknya.
  4. Kerapatan layar. Digunakan untuk melakukan tweak kerapatan layar.
  5. Properti perangkat. Modul ini berfungsi untuk mengambil banyak statistik dan informasi tentang perangkat Xiaomi.
  6. Wiper. Berfungsi sebagai penghapus cache dan melakukan reset pabrik.
  7. OEM Unlocker & Locker. Sesuai dengan namanya, modul ini digunakan untuk mengunci atau membuka kunci bootloader secara otomatis.

Beberapa modul dan fungsinya yang telah disebutkan di atas merupakan hanya sebagaian saja. Selain itu, tentu masih terdapat banyak modul-modul canggih lainnya. Untuk menginstall aplikasi tersebut, Anda bisa mencarinya di google play store atau pada situs-situs yang menyediakannya secara gratis. Dalam hal menginstal ADB Fastboot, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan sesuai dengan sistem operasi yang digunakan oleh komputer (windows, Mac Os, Linux, dan sebagainya). Dan untuk mengetahui langkah-langkahnya, Anda bisa mencarinya pada buku panduan.